NIKMATI PERJALANANNYA SELAGI NBISA DAN SENIKMAT MUNGKIN

liburadalah hal yang didambakan oleh semua. suatu momen berkumpul dengan keluarga, teman dan kolega. nah.. terkadang kita lupa bagaimana untuk mengisi hari libur itu dengan hal yang baik atau liburan menjadi nggak gariing. nah simak aja dengan baik.. :)

1. Museum
Anda bisa mencoba mengunjungi museum-museum yang tersebar di daerah Anda. Di Jakarta misalnya, ada banyak museum yang bisa dikunjungi. Meskipun kondisi museum nya mungkin tidak lebih baik dibandingkan dengan museum di luarnegeri, tetapi yang penting adalah apa yang akan Anda pelajari. Di luar negeri, pergi ke museum adalah hal wajib dan bahkan menjadi PR dari sekolah. Namun di Indonesia, hal ini masih belum menjadi kebiasaan.
2. Art Gallery
Cobalah ke galeri lukisan, atau foto dan pastikan Anda punya informasi mengenai apa yang akan Anda lihat, sehingga bisa menjawab pertanyaan anak-anak Anda. Jika ada sesi workshop untuk anak-anak, akan lebih baik. Atau, Anda bisa berkreasi sendiri membuat workshop di rumah.
3. Holiday Program
Biasanya beberapa sekolah menawarkan program liburan yang rekreatif selama 1 atau 2 minggu. Anda bisa mencoba sekolah-sekolah yang justru bukan tempat sekolah anak Anda saat ini, supaya anak Anda belajar cepat berinteraksi dengan orang baru dan sekaligus mencegah ketergantungan berada di dalam lingkungan yang sudah dikenal.
4. Kebun Binatang
Berikan informasi tambahan terkait binatang tersebut.
5. Bercocok tanam dan beternak.
Banyak tempat bermain yang sudah menawarkan hal ini di area bermainnya.Jika tidak ada dana, coba di halaman rumah sendiri saja. Anda juga bisa mencoba memelihara binatang bersama dan mencari tahu bagaimana cara memeliharanya. Kura-kura kecil, ikan kecil, atau binatang lain.
6. Outbond
Gali rasa berani dan mandiri anak lewat outing bersama keluarga, kemping, ke pantai, ke gunung, coba hal-hal baru dan jelaskan banyak hal. Gali juga perasaan anak Anda terkait pengalaman ini.
7. Wisata kuliner
Coba masakan baru dan jelaskan cara membuatnya. Atau, Anda bisa memasak bersama di rumah, masakan yang baru Anda temukan di sebuah tempat atau internet.
8. Olahraga
Apapun olahraganya, hal ini bisa menstimulasi anak untuk lebih kreatif, sportif dan sehat jiwa dan raga.
9. Berkunjung ke Panti Asuhan.
Cari tahu apakah program home-stay di panti Asuhan bisa dilakukan. Ini untuk menggali dan meningkatkan empati anak-anak Anda terhadap orang lain dan lingkungan.
10. Berkunjung ke rumah nenek, saudara, teman atau keluarga.
Sederhana, tetapi intinya, biarkan anak membaur dengan pemilik rumah dan mendapatkan cerita-cerita baru dari mereka.

jangan sia siakan liburan hanya dengan tidur dan nonton Tv saja. olahraga adalah salah satu hal yang menyenangkan dikala liburan datang.